Pedoman Berumah Tangga, oleh Ust. Dudi Muttaqien

17 Juni 2009 Andari

Ust. Dudi MuttaqienKetika suami menerima aqad nikah… disana ada ikrar bahwa suami siap menerima segala resiko kehidupan istri yang diterimanya… suami yang merawat istri.. menyiapkan papan (rumah, penataan & kerapihannya), sandang (pakaian & kebersihannya), pangan (makanan & penyiapannya). Jadi kesiapan suami menerima aqad nikah adalah kesiapan menerima resiko merawat keseluruhan kehidupan istri yang diterimanya…seperti masak, nyuci, beres-beres, mencari nafkah… adalah tugas suami… tugas istri apa ?
Tugas istri (1) Menjaga diri (keindahan dan kebersihan lahir batin, tutur dan perilaku) di hadapan suami atau tidak di hadapan suami (istri yang mengagumkan),  (2) Menjaga semua milik suami (menjaga benda milik suami termasuk menjaga kemuliaan suami di hadapan kehidupan ini & di hadapan Allah),  (3) Taat kepada suami karena Allah (Allah anugrahkan kemampuan adaptasi yang lebih pada wanita). Allah ciptakan wanita indah, halus, bersih dan lembut untuk melaksanakan tugas-tugas itu… juga Allah kuatkan fisik dan mental wanita lebih dari laki-laki untuk itu.. (beribadahlah dg ikhlas)
Dengan mengenali tugas-tugas itu,  diharapkan masing-masing kita akan menemukan cara meringankan pasangan kita dalam melaksanakan tugas-tugas itu, sehingga karena kita pasangan kita mudah mendapatkan ridho Allah. Istri akan dengan ikhlas menerima karya suami dan dengan tulus membantu meringankan tugasnya. Demikian juga suami akan tampil mengagumkan sehingga istri akan mudah melaksanakan tugas-tugasnya. Kita akan menjadi pasangan yang saling memberi. Bukan pasangan yang saling menuntut. Kita ringankan pasangan kita untuk melangkah ke surga,  bukan membebaninya sehingga syetan akan mudah menghamparkan jalan menuju siksa Illahi.

JADILAH PASANGAN YANG MENYEBABKAN PASANGANNYA MENDAPATKAN RIDHO-NYA, BUKAN PASANGAN YANG MENYEBABKAN PASANGANNYA  MENDAPATKAN MURKA-NYA

Kalau kita mengharapkan memiliki suami yang mengagumkan, kagumi dia,  maka kita akan memiliki suami yang mengagumkan. Demikian juga kalau kita ingin istri yang mengagumkan,  kagumi istri kita, maka kita akan merasakan rasa kagum yang dalam kepada istri tercinta.
Pastikan tujuan rumah tangga kita adalah husnul khatimah (suami dengan kepemimpinannya yang bijak mengagumkan akan memudahkan istri mendapatkan husnul khatimah… istri dengan kelembutan fisik, suara, gerak dan perasaannya, mampu mendampingi suami penuh tentram sehingga suami mudah mendapatkan husnul khatimah)
Jadikan rumah tangga kita semakin hari semakin menyempurnakan akhlaq kita, tempaan di dalamnya membuat kita semakin dekat dengan-Nya. Sehingga kita akan dapatkan kesempurnaan iman dari rumah tangga kita,
Untuk bisa mendapatkan husnul khatimah dengan modal keimanan yang ada,  pastikan TAQWA (sikap hati-hati karena rindu kepada ridho Allah dan khawatir mendapatkan murka Allah swt) menjadi bekal perjalanannya. Istri yang bertaqwa akan hati-hati berbuat, dia tidak ingin perlakuannya kepada suaminya membuat dirinya mendapatkan murka Allah SWT.  Suami yang bertaqwa akan memperlakukan istrinya dengan cara yang membuat Allah ridho kepadanya.
Bekal sikap taqwa ini akan memudahkan kita mendapatkan warna ibadah di dalam rumah tangga kita, sehingga suasana SAKINAH MAWADDAH wa RAHMAH akan menjadi warna suasana perjalanan rumah tangga kita.
Dalam mengamalkan uraian diatas,  pastikan kita yakin bahwa syetan (musuh bebuyutan kita) akan selalu menggoda kita. Syetan sangat suka dengan pertengkaran dan amarah. Syetan akan bahagia kalau ada pasangan yang merasa paling berjasa dalam rumahtangganya. Syetan sangat gembira kalau komunikasi di dalam rumah tangga terhenti. Syetan sangat marah kepada senyum ikhlas pasangan untuk pasangannya.  Syetan geram kepada pasangan yang tulus romantis. Mudahkan mengamalkan itu? Sangat mudah. Karena kata susah adalah kata yang selalu dibisikkan syetan pada setiap kita akan berbuat baik dan benar…
Wallahu a’lam…

Entry Filed under: Ust. Dudi Muttaqien

4 Comments Add your own

  • 1. nakjaDimande  |  23 Juni 2009 pukul 11:50

    ditunggu sharingnya mba Andari.. 😀

    • 2. andari  |  26 Juni 2009 pukul 04:42

      Insya Allah segera, bundo nakja…..

  • 3. funky fun-T mimi allegra  |  20 Januari 2010 pukul 13:27

    terima kasih atas sharingnya mba.. 🙂

    • 4. Andari  |  21 Januari 2010 pukul 06:36

      sama-sama…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Juni 2009
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: