Linguistik?…Jongkok…

5 Desember 2009 Andari

Seingatku, jaman sekolah dulu, materi pelajaran yang paling tidak kusukai adalah MENGARANG. Karena aku selalu kehabisan kata untuk menuliskan cerita yang sebenarnya telah ada di otakku. Saat ujian pun, yang paling tidak kusukai adalah yang berjenis essay. Selain sulit, aku juga merasa tidak mampu untuk menerangkan jawaban yang sebenarnya sudah ada di kepalaku. Jadi tidak heran, jika aku disuruh membuat karangan yang ditentukan jumlah lembar yang harus terisi, karangan milikku akan sangat khas dengan tulisan yang besar-besar dan jarang-jarang, yang penting terisi penuh 😀 .

Sekian tahun berlalu, aku berkenalan dengan sebuah tes yang bernama Fingerprint Test (FPT) atau Tes Sidik Jari. Tes ini dilakukan dengan cara men-scan kesepuluh sidik jari tangan kita. Ditambah ada sebuah sudut yang terbentuk dari titik-titik yang ada di telapak tangan kita. Dari tes ini dapat diketahui berbagai macam karakter yang ada pada diri kita. Salah satunya adalah Multiple Intelligences (MI) yang kita miliki. MI ini terdiri dari delapan macam, yaitu kecerdasan logika-matematik, linguistik, intrapersonal, interpersonal, body-kinestetik, visual-spasial, musikal, dan naturalis. Setiap orang memiliki kecenderungan kecerdasan yang berbeda-beda.

Foto di samping ini adalah hasil FPT milikku. Hasil ini takkan berubah seumur hidup dan berbeda satu orang dengan lainnya seperti sidik jari manusia. Garis-garis merah itu menunjukkan tingkat kecerdasan dari masing-masing jenis kecerdasan. Sengaja fotonya kubuat kecil dan buram supaya tulisannya tidak terbaca :P. Dan lihatlah, garis yang terpendek itu. Itu adalah garis yang menunjukkan tingkat kecerdasan linguistikku. Jongkok kan? Alias yang terpendek di antara yang lainnya. Makanya aku heran kenapa sekarang aku jadi doyan menulis. Mungkin bukan karena bakat. Tapi karena jika bicara melalui bahasa lisan tak ada yang mau mendengarkanku, padahal uneg-unegku seabrek (…kasian deh gue :(…). Dengan menulis, aku bisa berkata-kata tanpa takut ada yang memotongnya di tengah jalan. Dan aku bebas mengeluarkan semua yang ada di hati dan pikiranku. Jikalau nanti ada yang berkomentar tidak setuju, aku akan dengan mudah ‘ngeles’ dan itu pun bisa kupikirkan dulu ‘ngeles’ apa yang tepat…hehehe….

Entry Filed under: Obrolan...

4 Comments Add your own

  • 1. nakjaDimande  |  5 Desember 2009 pukul 17:18

    jadi yang rajin update nya ya buuu… 😀

    • 2. Andari  |  5 Desember 2009 pukul 17:41

      selama masih sempat..ya rajin…tapi kalo tiba-tiba menghilang..kan alasannya udah ada di ‘tentang andari’.. 😛 ..hahaha..jelas yang ini mah ‘ngeles’…kemaren juga update meski hanya dengan sebaris kalimat 😉

  • 3. Aribicara  |  9 Desember 2009 pukul 07:24

    Sekarang jadi sukanya garang mlulu yach ? 😀

    • 4. Andari  |  10 Desember 2009 pukul 04:38

      Hmm…kalo garang emang udah dari sononya ..:P


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Desember 2009
S S R K J S M
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: